TIM GABUNGAN INTEL TNI AMANKAN 11 TON BBM ILEGAL

Tobelo (07/07), Tim gabungan Intelijen dari Deninteldam XVI/Ptm, Tim Intelrem 152/Bbl dan Unit Intel Kodim 1508/Tobelo dipimpin oleh Serma Dora berhasil mengamankan 11 Ton BBM Ilegal yang dimuat dalam 55 Drum dengan rincian 5 Ton jenis Premium dan 6 Ton jenis Solar di pesisir pantai Desa Wari Kec. Tobelo Halmahera Utara.

Penangkapan sendiri berawal dari informasi warga terkait kegiatan bongkar muat BBM di pantai kemudian tim gabungan melakukan pemeriksaan di TKP, berdasarkan hasil pemeriksaan bahwa sejumlah 5 Ton BBM jenis Premium memiliki faktur tujuan APMS Maba Kab. Haltim sedangkan 6 Ton BBM jenis solar tidak memiliki faktur, berdasarkan informasi bahwa BBM ini akan dikirim ke Pulau Morotai. Seluruh barang bukti kemudian diserahkan kepada Polres Halut guna pengembangan lebih lanjut. Selain itu untuk menkonfirmasi temuan tersebut Kasi Kesyahbandaran UPP Tobelo Sdr. Noh Said menyampaikan bahwa kapal yang mengangkut BBM dan diamankan tidak memiliki surat Ijin berlayar dari UPP Tobelo selain itu segala aktifitas bongkar muat diluar Pelabuhan Tobelo diluar tanggung jawab UPP Tobelo.

Sementara itu dalam keterangannya Dandim 1508/Tobelo Letkol Arh Herwin Budi Saputra bahwa penangkapan kegiatan penyimpangan distribusi BBM ini telah sesuai dengan Tupoksi Kodim selaku satuan komando teritorial yang bertugas membantu pemerintah daerah dalam mengatasi kesulitan dan permasalahan di wilayah termasuk didalamnya kegiatan perdagangan BBM Ilegal oleh para oknum pengusaha nakal karena dengan adanya kegiatan tersebut sangat merugikan masyarakat karena dapat mengakibatkan terjadinya kelangkaan BBM yang mengakibatkan harganya menjadi meroket serta pada pangkal ujungnya menghambat aktifitas perekonomian masyarakat. (Penrem 152/Bbl)

Komentar