TEKNOLOGI PERTANIAN HAZTON BINAAN KODIM TOBELO SUKSES

Panen Raya Desa Margo Mulyo

     Tobelo (16/07), Kegiatan panen perdana padi teknologi Hazton kelompok tani Indah Desa Margo Mulyo Kec. Kao Barat Halmahera Utara yang terjalin atas kerjasama Pemkab Halut, Bank Indonesia dan Kodim 1508/Tobelo yang turut dihadiri oleh Bupati Halut Ir. Frans Manery, Dandim 1508/Tobelo Letkol Arh Herwin Budi Saputra, Kepala BI Perwakilan Malut Dwi Tugas Waliyanto, Kadistan Malut Ir. Idham Umasangaji, Kepala BPTP Malut Kris Sugiono, Kadistan Kalbar Hazairin, Kadis Ketahanan Pangan Malut Ir. Saiful Turuy, Asisten 1 Pemkot Ternate Mochdar Din Arif, Kadistan Halut V.E. Leeakabesi, Founder Teknologi Hazton Sdr.  Anton, Pimpinan SKPD dan Kelompok Tani Kao Barat.

     Teknologi Hazton sendiri saat ini sedang digandrungi oleh para petani karena terbukti dapat meningkatkan hasil pertanian berlipat ganda, teknologi yang dikembangkan oleh distan Prov. Kalbar tersebut yang pada saat tersebut juga turut menghadiri acara tersebut, teknologi yang terbilang cukup sederhana tersebut memanfaatkan adaptasi fisiologi dan memperbanyak jumlah bibit sehingga menghasilkan indukan produktif sehingga bibit yang dihasilkan terbaik akibat seleksi alam pemadatan didalam lubang pembibitan oleh karenannya setelah tumbuh akan menjadi indukan yang seragam dan serentak menghasilkan dua hingga tiga kali lipat dari hasil produksi rata-rata. Penerapan teknologi Hazton sendiri mulai diterapkan oleh Poktan Indah Kao pada April 2017 ini dan saat ini sudah dapat dinikmati hasilnya dengan sangat memuaskan, selain itu diharapkan apabila teknologi serupa diterapkan oleh seluruh Poktan yang ada di Malut maka akan dapat meningkatkan jumlah produksi beras dan kita berhasil mencapai swasembada pangan, untuk diketahui bahwa kebutuhan beras untuk Kab. Halut sendiri sebanyak 22.000 ton/tahun oleh karenannya kita rasa dengan jumlah tersebut sudah mencapai surplus sehingga diharapkan agar Bulog dapat menyiapkan gudangnya untuk menampung stok beras dari petani.

     Sementara itu dalam keterangannya Dandim 1508/Tobelo Letkol Arh Herwin Budi Saputra menyampaikan bahwa pemanfaatan teknologi haston ini sudah terbukti dapat meningkatkan jumlah produksi pertanian sehingga kedepan kita akan coba terapkan pada kelompok tani yang sudah kita bina di wilayah Halut dan Morotai. (Penrem 152)

Komentar