SATGAS TMMD TERLIBAT PENANGGULANGAN BANJIR DAN LONGSOR DI HALBAR

     Jailolo (21/07), Dalam pelaksanaan TMMD 99 di wilayah Halmahera Barat diwanai dengan adanya insiden banjir dan longsor yang terjadi diwilayah Ropu Tengah Balu akibat cuaca ekstrim dan hujan dengan intensitas tinggi selama beberapa hari terakhir.

     Komandan Satgas TMMD 99 Letkol Inf Abdul Razak rangkuti setelah menerima laporan akan terjadinya longsor dan banjir yang menggenangi wilayah Desa RTB tersebut langsung mengambil tindakan memerintahkan personel satgas untuk segera merelokasi warga ke fasilitas sekolah yang berada dilokasi yang cukup aman, proses relokasi dan pendataan segera dilakukan dan masyarakat untuk sementara waktu menempati lokasi yang telah disiapkan untuk menghindari jatuhnya korban jiwa. beruntung hujan sudah mulai mereda dan air yang menggenangi pemukiman mulai surut kemudian Satgas TMMD bersama masyarakat bersama-sama melakukan pembersihan lingkungan dan relokasi material longsor. Kekhawatiran dan kecemasan nampak dari masyarakat namun berdasarkan pengakuan dari warga sekitar bahwa Banjir kali ini jauh lebih berkurang dibandingkan sebelumnya karena perbaikan drainase yang telah dilakukan melalui TMMD pada beberapa saat yang lalu.

       Sementara itu Dandim Ternate yang juga merupakan Dansatgas TMMD menyampaikan bahwa kegiatan evakuasi ini merupakan gerakan spontan dan merupakan SOP dari TNI saat terjadinya bencana alam untuk menghindari korban jiwa, namun demikian kedepan kita akan berkordinasi dengan instansi terkait seperti Pemerintah Daerah, Ahli Geologi maupun instansi lainnya untuk bersama-sama merumuskan dalam rangka untuk menghindari terjadinya bencana serupa di daerah ini. (Penrem 152)

Komentar