KODIM TOBELO SUKSES SULAP LAHAN TIDUR MENJADI PRODUKTIF

Dandim Tobelo Panen Cabai di Belakang Asrama Makodim 1508 


     Tobelo (14/07), Kodim 1508/Tobelo berhasil melakukan pemanfaatan lahan tidur seluas 4 Ha di sekitar Makodim menjadi lahan pertanian yang lebih produktif dengan memberdayakan anggota dan masyarakat sekitar.

Lahan Tidur yang dimanfaatkan Lahan Tanam
     Kegiatan tersebut didasari keprihatinan Komandan Kodim atas lahan tidur yang berjarak tidak terlalu jauh dari kesatrian yang dipimpinnya, kemudian Dandim memanggil Perwira Staf dan Babinsa untuk menggalang masyarakat dan pemilik lahan untuk memberdayakan lahan tidur tersebut menjadi lebih produktif. Gayungpun bersambut pemilik lahan beserta Babinsa sepakat untuk bersama-sama menggarap lahan tersebut, setelah satu tahun berjalan usaha tersebut mulai menampakkan hasil dimana saat ini dari total luas lahan tersebut ditanami jagung manis seluas 1 Ha, Cabe Kriting 1 Ha, Tomat 1 Ha, Semangka 0,5 Ha, Kacang Panjang 0,2 Ha, Pare 0,1 Ha dan Sayur Kenikir 0,1 Ha dengan penghasilan rata-rata 2,6 Juta/minggu. Atas keberhasilan tersebut pemilik lahan rencana akan memperluas lahan tanamnya serta mengajak para pemilik lahan lain untuk memanfaatkan lahan tidur menjadi lebih produktif dan memberikan manfaat ekonomis dalam rangka memperbaiki taraf ekonomi keluarga.

     Senada disampaikan Dandim 1508/Tobelo Letkol Arh Herwin Budi Saputra saat ditemui diruang kerjanya bahwa kegiatan tersebut merupakan pengaplikasian dari Program Emas Hijau yang digagas oleh Pangdam XVI/Pattimura yaitu meningkatkan perekonomian masyarakat melalui pemberdayaan sumber daya hayati serta memanfaatkan lahan tidur menjadi lebih produktif. (Penrem 152/Babullah)

Komentar