ANTISIPASI BANJIR, WARGA DAN SATGAS TMMD LAKUKAN PEMBERSIHAN DAN NORMALISASI SALURAN AIR

Pembersihan Saluran Aliran Air yang Sempat Tersumbat 

     Jailolo (07/07), Masih dalam rangkaian kegiatan TNI Manunggal Membangun Desa ke-99 Kodim 1501/Ternate yang dilaksanakan di wilayah Kec. Sahu Halmahera Barat. Seiring dengan fluktuatif cuaca dimana sering terjadi hujan lebat dengan intensitas tinggi serta kondisi wilayah Sahu yang rentan terjadinya banjir, untuk mengantisipasi hal tersebut masyarakat bersama Satgas TMMD laksanakan pembersihan dan normalisasi saluran-saluran air di wilayah Desa Ropu Tengah Balu (RTB) Kec. Sahu Halmahera Barat.

     Pembersihan sendiri dilakukan dengan melakukan pemetaan alur aliran air hingga ke sungai maupun ke laut, hingga pembersihan, normalisasi dan disebagian titik dilaksanakan pendalaman saluran-saluran air yang selama ini tersumbat oleh sedimen tanah sehingga air dapat mengalir dan menggenangi pemukiman warga selain itu juga dilaksanakan terasering pengukuran ketinggian untuk memastikan aliran air dapat menuju lokasi yang diharapkan yaitu sungai maupun laut karena kondisi pemukiman pesisir dengan medan yang rata sehingga ketinggian saluran harus diperhitungkan sesuai dengan pemetaan daerah yang telah dilakukan sebelumnya.

     Sementara itu Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abd Razak Rangkuti menyampaikan bahwa normalisasi saluran air ini merupakan aspirasi dari masyarakat di Desa RTB yang mengeluh sering terjadinya banjir yang menggenangi pemukiman penduduk disetiap terjadinya hujan dengan intensitas yang tinggi. (Penrem 152/Babullah)                        

Komentar