LOMBA DAYUNG TRADISIONAL SEMARAKKAN HUT TNI KE-72


      Tobelo (01/10), Dalam rangka semarak HUT TNI Ke-72 Tahun 2017, Kodim 1508/Tobelo menyelenggarakan lomba dayung perahu tradisional bertempat di Pantai Bowens Desa Gura Kec. Tobelo Kab. Halmahera Utara.

      Lomba yang dihadiri oleh Bupati Halut Ir. Frans Manery, Dandim 1508/Tobelo Letkol Arh Herwin Budi Saputra, Dansatgas Yonif RK 732/Banau Letkol Inf Raymond Sitanggang, Para Danramil, Pimpinan SKPD Halut serta dihadiri 600 orang peserta, Official dan pendukung. Dalam sambutannya Bupati Halut menyampaikan bahwa apresiasi kepada Kodim Tobelo sebab perlombaan perahu ini meskipun sederhana namun memilili filosofi yang mendalam khususnya bagi warga Halut dimana pada masa pengusiran penjajah dan masa terjadinya perompakan warga lokal atau disebut canga-canga mengusirnya dengan perahu dayung juga masyarakat Maluku Utara ini merupakan masyarakat bahari dan sangat lekat dengan kehidupan laut, kedepan tepatnya tanggal 28 Oktober mendatang Pemkab Halut akan menyelenggarakan kegiatan serupa.

     Akibat tingginya tingkat partisipasi masyarakat sehingga mekanisme lomba yang dibagi menjadi 2 gelombang dimana para peserta yang terdiri dari 2 orang dalam 1 perahu dilepas dari Pulau Larange hingga ke finish dengan metode kecepatan waktu, dari hasil pertandingan pasangan tandem Sdr. Imam Salasa dan Sdr. Makaluas berhasil tampil tercepat dalam pertandingan tersebut dengan torehan waktu 14'50"20'" sementara diposisi kedua diraih pasangan Sdr. Intong dan Sdr. Romik dengan catatan waktu 15'30"32"' dan posisi ketiga diperoleh Sdr. Melki dan Sdr. Diu dengan wakru 15'40"32"'.

      Sementara itu dalam keterangannya Dandim 1508/Tobelo Letkol Arh Herwin Budi Saputra menyampaikan bahwa tujuan perlombaan ini selain memeriahkan HUT TNI Ke-72 Tahun 2017 juga membentuk bibit-bibit atlet dayung dari Kab. Halut selain itu kita patut bersyukur tingginya tingkat partisipatif masyarakat dalam perlombaan tersebut menandakan bahwa TNI memiliki ruang tersendiri di hati rakyat. (Penrem 152)

Komentar