RINTIS EKONOMI KREATIF, TNI LATIH WARGA BUAT PAVING BLOK

Jailolo (10/02), Babinsa Koramil 1501-03/Jailolo Serda Dedy Triyono dan Serda Rismiaji melakukan inovasi dan pemberdayaan masyarakat Desa Guaemaadu Kec. Jailolo Halmahera Barat melalui usaha kreatif pembuatan paving blok.

Paving blok sendiri sudah bukan merupakan barang langka dan banyak dipergunakan disekeliling kita seperti di trotoar maupun halaman rumah warga, namun selama ini masyarakat Halbar mendapatkan paving tersebut merupakan hasil kiriman dari Manado, sehingga terlintas ide cemerlang dari kedua Babinsa tersebut untuk menjadikan peluang tersebut untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Pada langkah awal dengan bermodalkan alat seadanya dan menggunakan dana pribadi kedua Babinsa membuat sendiri cetakan paving dari plat besi yang di las kemudian diisi dengan campuran semen dan pasir sebagai ujicoba dan ternyata berhasil serta hasilnyapun terbilang cukup bagus dan layak untuk dipasarkan. Pada tahap awal kedua Babinsa menggandeng masyarakat yang berada di sekitar Makoramil yaitu Desa Guaemaadu untuk bersama-sama membuat secara massal, kemudian setelah ditawarkan kepada calon konsumen paving tersebut mendapatkan respon yang positif bahkan banjir pesanan hal tersebut tidak mengherankan sebab harga yang jauh lebih murah dengan kualitas bersaing sehingga sangat mudah mendapatkan pasaran.

Seiring waktu berjalan dan usaha paving tersebut selalu kebanjiran order namun karena keterbatasan waktu dihadapkan dengan tugas kedinasan lainnya, sehingga kedua Babinsa tersebut menularkan keahliannya ke rekan sejawatnya para Babinsa di Koramil Jailolo, namun rupanya kegiatan tersebut mendapat perhatian dari masyarakat lainnya yang berasal dari Desa Jalan Baru dan beberapa Desa disekelilingnya sehingga mereka memohon ijin kepada Danramil untuk dapat ikut serta dalam pelatihan. Dengan restu Danramil 1501-03/Jailolo Kapten Inf Hidayah kemudian dilaksanakan pelatihan di Makoramil Jailolo dengan harapan kegiatan tersebut dapat bermanfaat untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Sementara itu ditempat terpisah Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti, S.Sos saat ditemui di ruang kerjanya mengaku telah mengetahui atas kegiatan tersebut sekaligus mendukung serta mengapresiasi atas inovasi yang dilakukan satuan jajarannya tersebut, karena memang dengan usaha ekonomi kreatif ini akan dapat memberikan efek domino mulai dari kesejahteraan masyarakat hingga menopang perekonomian daerah sekaligus meningkatkan PAD, sebab seperti kita ketahui keberadaan Paving blok selama ini Halbar selalu dikirim dari luar daerah dengan harga cukup tinggi yang diakibatkan adanya cost di pengiriman namun tanpa disadari proses pembuatannya yang sederhana maupun bahan pembuatannya yang melimpah sehingga tercetuslah ide untuk membuat sendiri material bangunan yang merupakan bagian dari pembangunan infrastruktur urban. (Penrem 152)

Komentar