KODIM 1501/TERNATE LAKSANAKAN KOMSOS DENGAN BERSEPEDA

Ternate (Jum'at 9/2/2018), Kasdim 1501/Ternate Mayor Inf Anton Santoni dan 15 orang anggotanya melaksanakan kegiatan komunikasi sosial dengan bersepeda bersama-sama elemen masyarakat di Makodim 1501/Ternate Jln. Pahlawan Revolusi No 1 Kel. Muhajirin Kec. Ternate Tengah Kota Ternate Prov. Maluku Utara.

Bersepeda merupakan salah satu aktivitas yang dapat dilakukan oleh setiap manusia tanpa ada batasan tertentu, baik anak-anak maupun dewasa . Bersepeda termasuk olahraga yang ringan atau tidak terlalu berat, sehingga setiap orang dapat berolah raga dengan bersepeda tanpa ada batasan usia. Bersepeda juga adalah olahraga yang sederhana yang menyehatkan tubuh agar terhindar dari berbagai penyakit dan meningkatkan daya tahan tubuh dan yang paling penting bersepeda juga dapat mengurangi polusi udara dari kendaraan bermotor terutama didaerah perkotaan yang banyak terdapat kendaraan dan dapat mengurangi kemacetan.
Jarak yang ditempuh kali ini sekitar 15 Km dengan medan yang bervariasi dan sesekali istirahat, ditempuh dalam waktu sekitar 1 Jam. Seperti yang disampaikan Bapak Sukir Goweser dari PT Antam di Ternate, menurutnya TNI dalam hal ini Kodim 1501/Ternate sudah memberikan contoh yang baik dengan memelopori untuk penghematan BBM dan mengurangi polusi udara. Pihaknya akan bermaksud mengikuti langkah ini dan akan siap bekerjasama dengan TNI  bila ada kegiatan serupa nantinya. Adapun sepeda yang digunakan berjenis sepeda MTB Polygon, Federal, Heist ada juga jenis Merida. Untuk Start dan Finish berada di Halaman Makodim 1501/Ternate.

Sementara itu dalam Keterangannya Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abd. Razak Rangkuti, S.Sos menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan hal yang positif dan merupakan perintah dari Panglima TNI agar mempertajam lagi kegiatan Komsos dengan elemen masyarakat dengan berbagai cara, termasuk bersepeda. Selain  menghemat BBM dan untuk menjaga kesehatan, dengan bersepeda juga dapat menjangkau wilayah yang lebih luas dan gang-gang yang sempit terutama wilayah pedesaan yang belum memiliki sarana transportasi jalan yang baik. Rencana kedepan kegiatan sepeda ini akan melibatkan unsur Forkopimda, elemen masyarakat dan club-club sepeda lainnya yang ada di Kota Ternate yang akan dilaksanakan tiap bulan pada hari jum'at minggu ketiga. Jadi ikutan gaya blusukannya ala Presiden Jokowi. (JK-1501)

Komentar