Sukseskan Swasembada Pangan, Kodim Tobelo Lakukan Serapan Gabah Petani



Tobelo. Untuk memaksimalkan pencapaian realisasi Serap Gabah Petani (Sergab) tahun anggaran 2018, Kodim 1508/Tobelo menyerahkan hasil Serapan Gabah tersebut kepada pihak Bulog Tobelo Kab. Halmahera Utara.
Kodim 1508/Tobelo melakukan Penyerapan Gabah petani di Slepan (Tempat Penggilingan) milik (Bpk. Tarjo, Bpk. Edi dan Bpk. Ulis) bertempat di Ds. Margomulyo Kec. Kao Barat Kab. Halmahera Utara Prov. Maluku Utara, Rabu (05/09/2018).
Dalam penyerapan Gabah tersebut dihadiri oleh Plh. Pasi Ter Dim 1508/Tbl Kapten Inf I Putu Artana, Bati Bung Kao Barat Serma Brury Kelmanutu, Bintara Staf Teritorial Dim 1508/Tbl dan para Babinsa Koramil 1508-03/Kao. Tahap pertama penyerapan Gabah tersebut diperoleh 2.125 Kg dengan harga Bulog Rp. 8.030,-/Kg. Selanjutnya hasil Sergab tersebut di serahkan ke Bulog Tobelo Kab. Halmahera Utara.
Komandan Kodim 1508/Tobelo Letkol Kav Tri Sugiarto mengatakan, menghimbau kepada para pemilik penggilingan padi agar hasil panen padi dari petani bisa terserap ke Bulog sehingga akan menstabilkan stok pangan Daerah dan Nasional.
Kegiatan yang dilaksanakan merupakan tindak lanjut MOU antara Kementrian Pertanian dan TNI AD. Untuk mensukseskan program Pemerintah dalam rangka Upsus Swasembada Pangan Nasional, maka kami melakukan kegiatan serapan gabah di wilayah Kodim 1508/Tobelo, ungkapnya.
Lebih lanjut dikatakan, upaya menyerap gabah petani ini sangat penting dilakukan Bulog untuk mengisi cadangan pangan Pemerintah yang dimana untuk memaksimalkan produksi petani daerah.
Serap gabah petani juga dilakukan untuk membantu petani lokal untuk memperoleh harga yang menguntungkan, agar petani termotivasi dalam menjalankan usahanya, jelas Dandim.
Sementara Kepala Gudang Bulog Tobelo Bpk. Amran saat di konfirmasi mengatakan, kami dari Bulog tetap akan menyerap gabah hasil panen dari petani sehingga para petani tidak perlu khawatir.
Kami dari pihak Bulog sampai saat ini masih terus mengupayakan agar bisa menyerap gabah dari petani lokal dan untuk masyarakat, maka itu di harapkan pada para petani lokal dapat meningkatkan kualitas gabah, terangnya.
Jika hal ini dilakukan terus bersama-sama, kami yakin target serapan gabah untuk wilayah Kab. Halut akan meningkat, ungkapnya. (WYU - 1508).

Komentar