KOREM GELAR SAMAPTA PAMEN DAN PRA UKP


     Ternate (06/11), Korem 152/Babullah menyelenggarakan Samapta periodik II TA. 2017 bagi para Perwira Menengah dan Samapta Pra UKP menjelang Ujian Kenaikan Pangkat periode 1-4-2018 di Stadion Gelora Kie Raha Ternate Tengah Kota Ternate Prov. Maluku Utara.

       Kegiatan Samapta Periodik khusus Pamen ini terpusat di Makorem serta diikuti oleh seluruh Pamen jajaran Korem 152/Babullah termasuk yang berada pelosok Maluku Utara seperti Danramil di wilayah Daruba Pulau Morotai maupun Danramil di wilayah Bobong Kepulauan Sula, sementara Samapta Pra UKP sendiri diikuti oleh anggota jajaran Korem 152/Babullah yang akan diusulkan kenaikan pangkat pada 1-4-2018 mendatang. Kesamaptaan Jasmani terdiri dari beberapa item yakni kesegaran A (Lari dengan jarak tempuh 3200 Meter/atau 8 putaran lapangan bola dengan standar waktu sesuai tabel), kesegaran B (Pull Ups, Sit Ups, Push Ups dan Shuttle Run) dan kesegaran C (Renang Militer menggunakan pakaian lengkap dengan panjang lintasan sejauh 50 Meter). Kegiatan kesamaptaan ini sudah tidak asing lagi di kalangan TNI khususnya Angkatan Darat karena seluruh anggota TNI setiap 6 bulan sekali harus melaksanakan kesamaptaan untuk menjaga stamina dan fisik agar tetap prima dalam menghadapi setiap tantangan tugas yang kedepan semakin kompleks.

       Samapta Pra UKP sendiri diperuntukkan bagi personel yang yang akan mengikuti ujian kenaikan pangkat, karena samapta merupakan salah satu syarat untuk mendapatkan pangkat satu tingkat lebih tinggi dari pangkat sebelumnya. Dengan adanya Samapta Pra UKP ini diharapkan Prajurit yang akan melaksanakan ujian kenaikan pangkat dapat mengukur sejauh mana kemampuan masing-masing individu dan dimana kekurangannya, apabila sudah tahu kekurangan masing-masing mereka tinggal melatih dan meningkatkannya agar dapat mencapai target sesuai kategori yang telah ditentukan di TNI AD.

       Dalam keterangannya Ws.Kapenrem 152/Babullah Kapten Inf Heru Darujito menyampaikan Samapta bagi prajurit TNI adalah sarana untuk mengukur kemampuan fisik prajurit dan sekaligus untuk menjaga kesehatan agar tetap segar dan prima, sedangkan Pra UKP sendiri adalah untuk mempersiapkan diri Prajurit yang akan melaksanakan ujian kenaikan pangkat agar pada waktu pelaksanaan sudah siap dan dapat mencapai nilai yang ditargetkan. (Penrem 152)

Komentar