PENGALIHAN POLA PIKIR PEMUDA DALAM MENYONGSONG PERGANTIAN TAHUN




Dalam merubah paradigma masyarakat tentang minum_minuman keras Pos 6 SSK III Kabau Satgas Yonif 731/Kabaresi menyelenggarakan perlombaan permainan Game "Ludo" & Bola Volly antar pemuda berhadiah.
Kegiatan ini digagas oleh Danpos 6 SSK III Kabau Sertu La Hasman untuk menekan angka tingkat kejahatan yang di awali dengan minum-minuman keras. Seiring perkembangan teknologi permainan Game "Ludo" sangat di minati oleh seluruh kalangan warga masyarakat desa Kabau baik tua maupun muda.
Perlombaan Bola Volly antar pemuda'pun tidak kalah ramainya, di ikuti oleh 12 tim yang bertanding terdiri dari beberapa kelompok pemuda baik dari desa Kabau maupun dari luar desa. Agar tidak menggangu aktifitas masyarakat sekitar pertandingan Bola Volly dan permainan Game "Ludo" ini dilaksanakan pada sore dan malam hari."Ujar Sertu La Hasman
Lanjutnya, dengan menggalakan Moto "Stop Miras" kegiatan seperti ini sangat menghibur dan mampu mengalihkan pemikiran bagi kalangan pemuda terlebih dalam menghilangkan kebiasaan Masyarakat Maluku & Maluku Utara dalam hal minum-minuman keras yang sudah mendarah daging di kehidupan mereka.
Dansatgas Yonif 731/Kabaresi,Letkol Inf Indra Hirawanto, S.Sos mengatakan, untuk menghilangkan kebiasaan minum-minuman keras dengan kontur budaya Masyarakat Maluku & Maluku Utara yang sudah menjadi "adat istiadat" tidaklah mudah. Tindak kejahatan yang terjadi hampir seluruhnya berawal dari minum-minuman keras baik buatan pabrik maupun buatan lokal "cap tikus/sopi".
Diperintahkan kepada seluruh Danpos-Danpos Satgas Yonif 731/Kabaresi berserta Anggota agar menciptakan ide-ide kreatifitasnya untuk mengurangi tindak kejahatan terutama yang di awali dengan minum-minuman keras. Dengan semboyan Jadikan lawan sebagai kawan, jadikan kawan sebagai saudara."imbuhnya
Meskipun sederhana dengan nilai yang tidak seberapa untuk hadiah yang diberikan, tetapi mampu menciptakan kedekatan antar TNI dengan Masyarakat dan mempunyai nilai historis tersendiri bagi masyarakat desa Kabau. Diharapkan kegiatan seperti ini tetap dilaksanakan pada momen-momen selanjutnya dan dengan lebih bervariatif.
Iseng-iseng berhadiah, ujar Umar Roni salah seorang warga mengatakan bahwa perlunya kegiatan-kegiatan yang menghibur untuk melepas lelah setelah seharian bekerja. Dan untuk menghilangkan kebiasaan kami dalam minum-minuman keras serta terjalinnya hubungan yang erat antar TNI dengan Warga Masyarakat."red

Komentar