LAGI, GAPOKTAN SIDOMULYO PANEN PERDANA LAHAN CETAK SAWAH


Panen perdana Gapoktan Sidomulyo

Wasile (11/02), Saat mentari baru beranjak dari tempat peraduannya nampak sekelompok orang tengah berkutat di hamparan padi yang mulai menguning diterpa sorotan matahari pagi menambah keindahan hamparan berkah alam yang siap disambut oleh insan manusia, Adalah kelompok Tani Desa Sidomulyo Kec. Wasile binaan dari Koramil 1505-03/Wasile yang mulai memanen Padi hasil kerja kerasnya selama ini.


Para petani bersama Babinsa nampak bersemangat memanen padi yang tumbuh dengan baik tersebut, kali ini mereka memanen lahan seluas 3 Ha, proses panen yang masih menggunakan sistem manual yaitu menggunakan Arit memotong batang-batang padi kemudian memasukkannya kedalam mesin giling pemisah gabah dengan tangkainya dan menghasilkan hasil panen 4 Ton/Ha sehingga dari 3 Ha lahan yang dipanen menghasilkan 12 Ton gabah kering giling.

Sementara itu ditempat terpisah Dandim 1505/Tidore Letkol Inf Harrisal Ismail Subing saat ditemui di ruang kerjanya menyampaikan bahwa saat ini lahan-lahan hasil Cetak Sawah Tahun 2016 telah dipergunakan oleh para petani dan memasuki masa panen, hal tersebut menjadi motivasi dan kebanggaan tersendiri bagi kami karena proses cetak sawah hingga saat ini merupakan suatu proses yang panjang yang telah dilaksanakan sepanjang Tahun 2016 dan saat ini sudah dapat memberikan manfaat bagi para petani maupun perekonomian daerah maupun mensukseskan Program Swasembada Pangan di Indonesia. Hal tersebut memberikan spirit baru untuk kami karena pada Tahun 2017 ini kita juga kembali melakukan Cetak Sawah hampir di seluruh Kabupaten Kota di Malut untuk jajaran Kodim 1505/Tidore sendiri yaitu di Kec. Oba Kota Tikep, Halmahera Tengah dan Halmahera Timur. Oleh karenanya kita meminta Doa dan restu seluruh masyarakat Malut agar program Cetak sawah tersebut dapat berjalan dengan lancar dan sukses sehingga akan memberikan manfaat bagi masyarakat maupun daerah. (Penrem 152/Bbl)

Komentar