PANEN PADI PERDANA VARIETAS MEKONGGA DI TOBELO SELATAN SUKSES


Tobelo (19/02), Kodim 1508/Tobelo bersama Dinas Pertanian Kab. Halut melaksanakan acara panen perdana pertanian padi varietas Mekongga dilahan pertanian yang dikelola oleh kelompok tani Desa Paca Kec. Tobelo Selatan Kabupaten Halmahera Selatan.
Hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Halut yang diwakili Asisten I, Drs. Erasmus J. Papilaya MTp, Kasdim 1508/Tobelo Mayor Inf Robi Manuel S.Sos, Kadis Pertanian Prov. Malut, Para pimpinan SKPD Pemkab. Halut, Balitbang Provinsi, Pimpinan BPKP Provinsi, Plh. Danramil 1508-01/Tobelo Kapten Arh Mohamad Ali, Camat Tobelo Selatan, Kades, Penyuluh lapangan dan kelompok tani Varietas Mekongga. Kegiatan panen perdana sendiri ditandai dengan pemotongan pokok padi oleh para undangan yang hadir, dalam kesempatan tersebut Asisten I membacakan sambutan Bupati Halut yang menyampaikan Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara mengapresiasi Kodim 1508/Tobelo, Dinas Pertanian dan Kelompok Tani Desa Paca yang telah berhasil menggarap lahan ini hingga saat ini kita panen perdana, hal ini dapat menjadi indicator positif bahwa daerah kita memiliki lahan subur yang cocok untuk pertanian khususnya padi, selain itu juga dengan berkembangnya potensi pertanian akan menopang perekonomian masyarakat maupun daerah agar semakin maju dan berkembang. Senada dengan hal tersebut Kadis Pertanian Pemkab Halut juga berterimakasih kepada Kodim dan Petani yang telah bersinergi sehingga program ini berhasil, program ini akan kita lanjutkan kedepan sesuai dengan petunjuk dan arahan dari Kementrian Pertanian.
Sementara itu ditempat terpisah Dandim 1508/Tobelo Letkol Kav Tri Sugiarto menyampaikan bahwa lokasi panen perdana ini merupakan lahan hasil cetak sawah 2018 seluas 130 Ha dan tanpa menunggu lama setelah selesai dikerjakan langsung kita Tanami hingga akhirnya hari ini kita dapat melaksanakan panen perdana, kedepan kami telah mengistruksikan kepada Para Babinsa untuk tetap mendampingi para kelompok tani dalam menggarap lahan tersebut sehingga dapat  meningkatkan kesejahteraan masyarakat. (WYU-1508)

Komentar