PENYULUHAN WAWASAN KEBANGSAAN DAN CINTA TANAH AIR KEPADA WARGA HIRI



Hiri (20/07), Sosialisasi Wawasan Kebangsaan dan Cinta Tanah Air diberikan kepada masyarakat Kecamatan Hiri sebagai bentuk sasaran Non Fisik pada pelaksanaan TNI Manunggal Membangun Desa ke-102 Kodim 1501/Ternate.

Pemberian sosialisasi tersebut diberikan oleh Dan SSK Satgas TMM 102 Lettu Inf Hadi Talaohu kepada 32 masyarakat Kelurahan Tafraka bertempat di Aula Desa setempat, dalam kesempatan tersebut Dan SSK menyampaikan materi antara lain sebagai konsepsi politik dan kenegaraan yang merupakan manifestasi pemikiran politik bangsa Indonesia. Sebagai satu kesatuan negara kepulauan, secara konseptual, geopolitik Indonesia dituangkan dalam salah satu doktrin nasional yang disebut Wawasan Nusantara dan politik luar negeri bebas aktif. Sedangkan geostrategi Indonesia diwujudkan melalui konsep Ketahanan Nasional yang bertumbuh pada perwujudan kesatuan ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan. Kegiatan sendiri berlangsung dalam suasana akrab dan santai serta dalam penyampaiannya Dan SSK menggunakan metode diskusi 2 arah sehingga diharapkan masyarakat dapat lebih mengerti dan memahami konsep wawasan kebangsaan dan cinta tanah air.

Ditempat terpisah Dansatgas TMMD 102 Letkol Kav Bambang Sugiyarta, S.H., M.M., M.Tr (Han) menyampaikan bahwa pemberian materi wasbang dan cinta tanah air kita masukan dalam sasaran non fisik pelaksanaan TMMD ke-102 dalam rangka menciptakan masyarakat yang memiliki pola fikir maju dan modern namun tetap tertanam nilai-nilai Nasionalisme dan Patriotisme dalam melanjutkan pembangunan. (Penrem 152)

Komentar