Satgas Yonarmed 9 Kostrad Berikan Bantuan Kepada Suku Togutil

Wasile Timur - Satgas Yonarmed 9 Kostrad memberikan bantuan sembako kepada masyarakat suku Togutil yang tinggal di Kampung Budaya yang berlokasi di Kecamatan Wasile Timur, Kabupaten Halmahera Timur.

Hal ini dijelaskan oleh Komandan Satgas Mayor Arm Andi Achmad Afandi S.Sos., M.Si. dalam rilis resminya yang dikeluarkan di Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara (13/6/2020).

Dalam rilis tersebut Dansatgas menjelaskan bahwa Satgas Yonarmed 9 Kostrad berkunjung ke Kampung Budaya Suku Togutil yang berlokasi di Kecamatan Wasile Timur, Kabupaten Halmahera Timur. Dalam kunjungannya tersebut Satgas Yonarmed 9 Kostrad sembari membawa bantuan berupa sembako yang akan diberikan kepada suku Togutil.

Suku Togutil dikenal juga sebagai Suku Tobelo Dalam ,dan kelompok/komunitas etnis yang hidup di hutan-hutan secara nomaden di sekitar hutan Totodoku, Tukur-Tukur, Lolobata, Kobekulo dan Buli yang termasuk Taman Nasional Aketajawe-Lolobata. Perlu diingat orang Togutil sendiri tak ingin disebut “Togutil” karena Togutil bermakna konotatif yang artinya “terbelakang”. Kehidupan mereka masih sangat tergantung pada keberadaan hutan-hutan asli. Mereka bermukim secara berkelompok di sekitar sungai.

Komandan Kolakops  Kolonel Inf Imam Samporno Setiawan mengatakan bahwa  beberapa tanggapan berbeda dari segenap warga terhadap suku Togutil ini, namun disini Satgas hanya ingin berbagi terhadap sesama warga, tujuannya tidak lain untuk membantu seluruh waga dan mengatasi kesulitan rakyat sekelilingnya khususnya untuk Pos 6 SSK III Buli, ujar Komandan Kolakops.
( Penrem 152 ).

Komentar