PANEN RAYA DI LAHAN HASIL CETAK SAWAH HALBAR


Jailolo (05/01), Panen raya perdana padi seluas 20 Ha dari total 80 Ha lahan hasil cetak sawah di Tahun 2017 sukses dilaksanakan di Desa Tugu Air Kec. Sahu Timur Kab. Halmahera Barat Prov. Maluku Utara.

Kegiatan yang dihadiri oleh Danrem 152/Babullah Kolonel Inf I Wayan Suarjana, S.E., M.M., Bupati Halmahera Barat Dany Missy beserta Sekda dan Pimpinan SKPD, Dandim 1501/Ternate Letkol Inf Abdul Razak Rangkuti, S.Sos, Kapolres Halbar, Kajari Halbar, Para kelompok tani dan masyarakat Desa Tugu Air. Pada acara tersebut Bupati Halbar menyampaikan rasa syukurnya atas pelaksanaan panen raya perdana ini dengan hasil yang cukup memuaskan meskipun hasil panen ini sementara baru dapat mencukupi kebutuhan daerah setempat dikarenakan jumlah lahan sawah yang masih terbatas oleh karenanya ditahun 2018 ini kita rencana akan mendapatkan bantuan cetak sawah seluas 70 Ha jumlah tersebut tentu masih dibawah harapan kami yang menginginkan agar lebih banyak lagi, namun kita patut senantiasa bersyukur dan mendukung penuh pelaksanaannya.

Senada dengan Bupati, Anselmus salah seorang warga setempat mengaku senang dengan adanya panen raya ini, karena sebelumnya masyarakat hanya mengandalkan hasil kebun seperti pisang maupun kelapa untuk memenuhi kebutuhan hidup, namun semenjak awal pelaksanaan cetak sawah memang sempat ada rasa ragu di benak kami apakah kita mampu, namun berkat dukungan dari Pemerintah maupun pendampingan TNI dalam hal ini Babinsa yang selalu mendampingi dan mengarahkan kami sehingga kami sangat bersyukur dapat berhasil hingga panen ini, kami juga berharap akan ada penambahan lahan sawah baru di Desa kami karena masih banyak warga yang belum kebagian untuk menggarap lahan pertanian padi ini.

Sementara itu pada kesempatan yang sama Danrem 152/Babullah Kolonel Inf I Wayan Suarjana, S.E., M.M., menyampaikan bahwa panen raya perdana ini merupakan puncak dari serangkaian proses dari mulai cetak sawah, penanaman hingga panen seperti saat ini. Kegiatan panen raya seperti ini juga akan dilaksanakan di seluruh wilayah Kodim jajaran yang memiliki lahan cetak sawah, dimana untuk tahun 2017 sendiri kita telah mencetak lahan pertanian padi/sawah baru dengan luas total 1.022 Ha di wilayah Maluku Utara, untuk itu saya berpesan kepada masyarakat agar dapat memanfaatkan lahan yang telah ada dengan sebaik-baiknya, setelah panen ini segera tanami kembali agar masyarakat dapat memperoleh manfaat secara maksimal. (Penrem 152)

Komentar